Kamis, 08 Mei 2008

Customer Satisfaction

Hmmm, sudah lama tidak posting nih. Rasanya kangen banget.
Ada beberapa hal yang membuat saya menjadi semakin kuat keinginan saya untuk terjun di dunia bisnis. Salah satu faktor tersebut adalah dukungan keluarga. Dukungan istri dan kedua anak saya tercinta. Kerelaan mereka untuk tidak bertemu beberapa waktu karena ayahnya sedang keluar kota, sedang menemui klien di waktu yang seharusnya saya ada bersama keluarga, tidak bisa menemani makan malam bersama, dan sebagainya menurut saya adalah suatu pembelajaran untuk ikhlas.
Saya yakin bahwa dengan keikhlasan hati, Allah SWT akan memberikan perhatian lebih mendalam terhadap hamba-Nya. Setelah beberapa waktu menjalani bentuk-bentuk pembelajaran ketidakbersamaan bersama keluarga, efeknya memang banyak klien yang melakukan deal-deal bisnis. Tidak hanya dari daerah sekitar kota tempat tinggal kami, tetapi juga dari Papua, Samarinda, Balikpapan, Lampung, Depok, Semarang, Jakarta, Solo, Cepu, dsb.
Masing-masing customer memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang "gerakannya" cepat, ada yang slowly but sure, ada yang just say hallo, dsb. Terkadang pemesanan terhadap tas, misalnya yang pernah kami tuliskan dalam web kami, bahwa pemesanan minimal 10 hari efektif. Ternyata mereka berkeinginan untuk 3--5 hari mendatang barang sudah jadi. Ya... dari satu sisi kami harus memberikan layanan prima terhadap customer, di satu sisi kami harus melakukan percepatan pekerjaan dengan team kami. Dan ini perlu komunikasi. Tidak bisa customer saja yang kita perhatikan, tetapi juga kekuatan team apakah mampu melakukan atau tidak.
Saat-saat pertama kali akselerasi bisnis memang team kita menjadi sangat tertatih-tatih. Namun saya yakin ini adalah "kawah candradimuka" team kami. Tempan-tempaan yang terkadang membuat kami merasakan suatu ketidakmampuan untuk melakukan, kami jadikan sebuah tantangan, kami jadikan sebuah ajang kompetisi untuk mampu melakukan upaya-upaya pemenuhan target. Kondisi ini kami yakini akan semakin membuat team kami solid.
Ketika kita mampu menilai kekuatan team kita sendiri, maka kita pun akan mampu memberikan pelayanan optimal kepada customer. Mengkomunikasikan sesuatu dengan dua arah adalah langkah bijak dalam deal bisnis.
Salam sukses.......!!!