Jumat, 14 September 2007

Puasa Pertama Tanpa Sahur

He..... he....... Marhabban Ya Ramadhan......!! Waduh seneng banget, ramadhan telah datang. Limpahan pahala ada di mana-mana, di setiap desah nafas, setiap jengkal tanah, setiap datak jantung, setiap jejak langkah. Subhanallah....... tuntunlah hamba beserta keluarga kami agar senantiasa berada dalam jalanMu. Amin.
Rabu malam kami sudah siap-siap untuk menunaikan ibadah puasa besok. Kedua anakku Ryan dan Lya pun telah kami pesan untuk ikut berpuasa juga. Puasa "bedug", jam 12 siang boleh makan, lalu puasa lagi terus baru buka saat magrib tiba.
Kami tidur selepas melihat acara empat mata. Jam 01.30 terdengar "klotek-an" orang-orang membangunkan sahur. Saya dan istri juga sempat bangun. Tapi....ah masih awal banget, nanti aja deh kalu udah jam setengah 3-an aja. Lalu berlanjut tidurnya.
He.... he...... kami sekeluarga ternyata bangunnya jam 05.30. He.... he...... gak apa-apa, jika sudah diniatkan maka tanpa sahur pun pasti kuat. Amin. Tetapi kami harus memetik pelajaran dari peristiwa tersebut, untuk tidak menunda waktu dan mempergunakan kesempatan yang telah Allah berikan kepada kita (termasuk bangun lebih awal tersebut). Kami harus lebih disiplin dan tidak menyia-nyiakan kesempatan. Kesempatan tidak pernah datang dua kali.
Alhamdulillah saya dan istri kuat hingga magrib. Ryan dan Lya, kata istri saya tampak lemes sekitar jam 10 siang. Ya udah gak apa-apa mereka buka, lalu puasa lagi dan buka lagi jam 4 sore. He....he...., pas saya dan istri buka puasa anak-anak juga ikutan buka juga lho he...he...!!
Menghadapi hari kedua kami sahur jam 02.00. Bahkan Lya ikutan sahur hingga lihat TV jam 03.30. Lya makannya hanya ikan mujair saja, banyak lagi he... he..... Ryan saat saya bangunkan susah banget. Jadi Ryan gak sahur. Tapi saat bangun pagi, Ryan saya coba untuk memberikan semangat agar kuat sampai jam 11 siang buka, lalu buka lagi saat magrib.
Ayooo semangat anak-anakku, mari berlatih puasa....... Allah melimpahkan segalanya di bulan suci ini.....!!